Pages

Saturday, October 20, 2012

Harga Jasa Pembuatan Web

Harga jasa pembuatan web, ini merupakan sebuah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh beberapa rekan yang bermaksud untuk membuat sebuah website. Jasa pembuatan web memiliki harga yang variatif, tergantung dari standar si pembuat web serta jenis dan tingkat kesulitan web yang akan dibuat. Bagi anda yang berbudget rendah dan kebetulan tidak bisa membuat web sendiri pastinya akan mencari jasa pembuat website dengan harga yang murah tetapi kualitas web yang bagus.

Saat ini di Indonesia banyak sekali "Pembuat Website" yang menawarkan harga murah untuk produk mereka, bahkan ada yang berada di kisaran 200 ribuan, sebuah ironi bagi profesi web developer dimana untuk mendapatkan ketrampilan serta kemampuan mengembangkan sebuah aplikasi web adalah tidak mudah dan cukup mahal. tetapi hal ini ketika ditelusuri lebih jauh bisa ketahui bahwa rata-rata yang menawarkan jasa pembuatan website dengan harga murah biasanya menggunakan CMS instan seperti Wordpress, Joomla atau sejenisnya yang hanya membutuhkan kemampuan untuk instalasi serta modifikasi tampilan serta pemasanga plugin yang diinginkan saja. Tidak ada yang salah dnegan hal ini, produk akhir yang dihasilkan adalah memang sebuah website yang bahkan secara tampilan memiliki nilai yang bagus karena menggunakan desain template yang bagus meskipun didapatkan secara free.

Harga Jasa Pembuatan Website
Harga Jasa Pembuatan Website


Berbeda jika ternyata apa yang anda butuhkan tidak bisa terfasilitasi oleh CMS yang ada maka anda pastinya membutuhkan seorang profesional untuk mengembangkan website anda. Untuk kasus seperti ini si pengembang bisa membuatkan aplikasi CMS untuk anda atau merombak dan  mengembangkan fitur baru untuk CMS yang sudah ada utnuk disesuaikan dengan kebutuhan anda. Harga jasa pembuatan web seperti ini tidak murah, karena membutuhkan keahlian khusus yang tidak semua orang mampu mengerjakannya. semakain handal si programer maka tarifnya juga akan lebih mahal.

Bagi saya yang kebetulan seorang Programer web yang memberikan jasa pembuatan website, saya memberikan harga yang saya rasa layak untuk kemampuan saya sebagai wujud menghormati kemampuan saya, jika ternyata calon klien keberatan dengan harga yang ditawarkan itu tidak masalah silahkan mencari orang lain yang menawarkan harga yang lebih murah. Ada harga ada kualitas, semuanya berbanding lurus dengan pelayanan.

salam

No comments:

Post a Comment